WAHHABI ITU SESAT ???
oleh Mochamad Arif pada 23 Februari 2012 pukul 11:15 ·
Wajib diketahui oleh setiap kaum Musimin dimanapun mereka berada bahwasanya firqoh Wahabi adalah Firqoh yang sesat, yang ajarannya sangat berbahaya bahkan wajib untuk dihancurkan. Tentu hal ini membuat kita bertanya-tanya, mungkin bagi mereka yang PRO akan merasa marah dan sangat tidak setuju, dan yang KONTRA mungkin akan tertawa sepuas-puasnya.. Maka siapakah sebenarnya Wahabi ini??Bagaimanakah sejarah penamaan mereka??
Marilah kita simak dialog Ilmiah yang sangat menarik antara Syaikh Muhammad bin Sa’ad Asy Syuwai’ir dengan para masyaikh/dosen-dosen disuatu Universitas Islam di Maroko
Salah seorang Dosen itu berkata:
“Sungguh hati kami sangat mencintai Kerajaan Saudi Arabia, demikian pula dengan jiwa-jiwa dan hati-hati kaum muslimin sangat condong kepadanya,dimana setiap kaum muslimin sangat ingin pergi kesana, bahkan antara kami dengan kalian sangat dekat jaraknya. Namun sayang, kalian berada diatas suatu Madzhab, yang kalau kalian tinggalkan tentu akan lebih baik, yaitu Madzhab Wahabi.”
Kemudian Asy Syaikh dengan tenangnya menjawab:
“Sungguh banyak pengetahuan yang keliru yang melekat dalam pikiran manusia, yang mana pengetahuan tersebut bukan diambil dari sumber-sumber yang terpercaya, dan mungkin kalian pun mendapat khabar-khabar yang tidak tepat dalam hal ini.
Baiklah, agar pemahaman kita bersatu, maka saya minta kepada kalian dalam diskusi ini agar mengeluarkan argumen-argumen yang diambil dari sumber-sumber yang terpercaya,dan saya rasa di Universitas ini terdapat Perpustakaan yang menyediakan kitab-kitab sejarah islam terpercaya. Dan juga hendaknya kita semaksimal mungkin untuk menjauhi sifat Fanatisme dan Emosional.”
Dosen itu berkata :
“saya setuju denganmu, dan biarkanlah para Masyaikh yang ada dihadapan kita menjadi saksi dan hakim diantara kita.”
Asy Syaikh berkata :
“saya terima, Setelah bertawakal kepada Allah, saya persilahkan kepada anda untuk melontarkan masalah sebagai pembuka diskusi kita ini.”
Dosen itu pun berkata :
“Baiklah kita ambil satu contoh, ada sebuah fatwa yang menyatakan bahwa firqoh wahabi adalah Firqoh yang sesat. Disebutkan dalam kitab Al-Mi’yar yang ditulis oleh Al Imam Al-Wansyarisi, beliau menyebutkan bahwa Al-Imam Al-Lakhmi pernah ditanya tentang suatu negeri yang disitu orang-orang Wahabiyyun membangun sebuah masjid, “Bolehkan kita Sholat di Masiid yang dibangun olehorang-orang wahabi itu ??” maka Imam Al-Lakhmi pun menjawab: “Firqoh Wahabiyyah adalah firqoh yang sesat, yang masjidnya wajib untuk dihancurkan, karena mereka telah menyelisihi kepada jalannya kaum mu’minin, dan telah membuat bid’ah yang sesat dan wajib bagi kaum muslimin untuk mengusir mereka dari negeri-negeri kaum muslimin “.
(wajib kita ketahui bahwa Imam Al-Wansyarisi dan Imam Al-Lakhmi adalah ulama ahlusunnah)
Dosen itu berkata lagi : “Saya rasa kita sudah sepakat akan hal ini, bahwa tindakan kalian adalah salah selama ini,”
Kemudian Asy Syaikh menjawab :
”Tunggu dulu..!! kita belum sepakat, lagipula diskusi kita ini baru dimulai, dan perlu anda ketahui bahwasannya sangat banyak fatwa yang seperti ini yang dikeluarkan oleh para ulama sebelum dan sesudah Al-Lakhmi, untuk itu tolong anda sebutkan terlebih dahulu kitab yang menjadi rujukan kalian itu !”
Dosen itu berkata: ”Anda ingin saya membacakannya dari fatwanya saja, atau saya mulai dari sampulnya ??”
Asy Syaikh menjawab: ”Dari sampul luarnya saja.”
Dosen itu kemudian mengambil kitabnya dan membacakannya: ”Namanya adalah Kitab Al-Mi’yar, yang dikarang oleh Ahmad bin Muhammad Al-Wansyarisi. Wafat pada tahun 914 H di kota Fas, di Maroko.”
Kemudian Asy Syaikh berkata kepada salah seorang penulis di sebelahnya: “Wahai syaikh, tolong catat baik- baik, bahwa Imam Al-Wansyarisi wafat pada tahun 914 H. Kemudian bisakah anda menghadirkan biografi Imam Al- Lakhmi??”
Dosen itu berkata: “Ya.”
Kemudian dia berdiri menuju salah satu rak perpustakaan, lalu dia membawakan satu juz dari salah satu kitab-kitab yang mengumpulkan biografi ulama. Didalam kitab tersebut terdapat biografi Ali bin Muhammad Al-Lakhmi, seorang Mufti Andalusia dan Afrika Utara.
Kemudian Asy Syaikh berkata : “Kapan beliau wafat?”
Yang membaca kitab menjawab: “Beliau wafat pada tahun 478 H“
Asy Syaikh berkata kepada seorang penulis tadi: “Wahai syaikh tolong dicatat tahun wafatnya Syaikh Al-Lakhmi” kemudian ditulis.
Lalu dengan tegasnya Asy Syaikh berkata : “Wahai para masyaikh….!!! Saya ingin bertanya kepada antum semua …!!! Apakah mungkin ada ulama yang memfatwakan tentang kesesatan suatu kelompok yang belum datang (lahir) ???? kecuali kalau dapat wahyu????”
Mereka semua menjawab : “Tentu tidak mungkin, Tolong perjelas lagi maksud anda !”
Asy syaikh berkata lagi : “Bukankah wahabi yang kalian anggap sesat itu adalah dakwahnya yang dibawa dan dibangun oleh Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab????”
Mereka berkata : “Siapa lagi???”
Asy Syaikh berkata: “Coba tolong perhatikan..!!! Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab lahir pada tahun 1115 H dan wafat pada tahun 1206 H, …
Nah, ketika Al-Imam Al-Lakhmi berfatwa seperi itu, jauh RATUSAN TAHUN lamanya sebelum syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab lahir..bahkan sampai 22 generasi ke atas dari beliau sama belum ada yang lahir..apalagi berdakwah..
KAIF ??? GIMANA INI???” (Merekapun terdiam beberapa saat..)
Kemudian mereka berkata: “Lalu sebenarnya siapa yang dimaksud Wahabi oleh Imam Al-Lakhmi tersebut ?? mohon dielaskan dengan dalil yang memuaskan, kami ingin mengetahui yang sebenarnya !”
Asy Syaikh pun menjawab dengan tenang : “Apakah anda memiliki kitab Al-Firaq Fii Syimal Afriqiya, yang ditulis oleh Al-Faradbil, seorang kebangsaan Francis ?”
Dosen itu berkata: “Ya ini ada”
Asy Syaikh pun berkata : “Coba tolong buka di huruf “wau” .. maka dibukalah huruf tersebut dan munculah sebuah judul yang tertulis “Wahabiyyah“
Kemudian Asy Syaikh menyuruh kepada Dosen itu untuk membacakan tentang biografi firqoh wahabiyyah itu.
Dosen itu pun membacakannya: ”Wahabi atau Wahabiyyah adalah sebuah sekte KHOWARIJ ABADHIYYAH yang dicetuskan oleh Abdul Wahhab bin Abdirrahman bin Rustum Al-Khoriji Al-Abadhi, Orang ini telah banyak menghapus Syari’at Islam, dia menghapus kewajiban menunaikan ibadah haji dan telah terjadi peperangan antara dia dengan beberapa orang yang menentangnya. Dia wafat pada tahun 197 H di kota Thorat di Afrika Utara. Penulis mengatakan bahwa firqoh ini dinamai dengan nama pendirinya, dikarenakan memunculkan banyak perubahan dan dan keyakinan dalam madzhabnya. Mereka sangat membenci Ahlussunnah.
Setelah Dosen itu membacakan kitabnya Asy Syaikh berkata : “Inilah Wahabi yang dimaksud oleh imam Al-Lakhmi, inilah wahabi yang telah memecah belah kaum muslimin dan merekalah yang difatwakan oleh para ulama Andalusia dan Afrika Utara sebagaimana yang telah kalian dapati sendiri dari kitab-kitab yang kalian miliki. Adapun Dakwah yang dibawa oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab yang didukung oleh Al-Imam Muhammad bin Su’ud-Rahimuhumallah-, maka dia bertentangan dengan amalan dakwah Khowarij, karena dakwah beliau ini tegak diatas kitabullah dan Sunnah Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam yang shahih, dan beliau menjauhkan semua yang bertentangan dengan keduanya, mereka mendakwahkah tauhid, melarang berbuat syirik, mengajak umat kepada Sunnah dan menjauhinya kepada bid ’ah, dan ini merupakan Manhaj Dakwahnya para Nabi dan Rasul.
Syubhat yang tersebar dinegeri-negeri Islam ini dipropagandakan oleh musuh- musuh islam dan kaum muslimin dari kalangan penjajah dan selain mereka agar terjadi perpecahan dalam barisan kaum muslimin.
Sesungguhnya telah diketahui bahwa dulu para penjajah menguasai kebanyakan negeri-negeri islam pada waktu itu,dan saat itu adalah puncak dari kekuatan mereka. Dan mereka tahu betul kenyataan pada perang salib bahwa musuh utama mereka adalah kaum muslimin yang bebas dari noda yang pada waktu itu menamakan dirinya dengan Salafiyyah. Belakangan mereka mendapatkan sebuah pakaian siap pakai, maka mereka langsung menggunakan pakaian dakwah ini untuk membuat manusia lari darinya dan memecah belah diantara kaum muslimin, karena yang menjadi moto mereka adalah “PECAH BELAHLAH MEREKA, NISCAYA KAMU AKAN MEMIMPIN MEREKA ”
Sholahuddin Al-Ayubi tidaklah mengusir mereka keluar dari negeri Syam secara sempurna kecuali setelah berakhirnya daulah Fathimiyyah Al-Ubaidiyyin di Mesir, kemudian
beliau (Sholahuddin mendatangkan para ulama ahlusunnah dari Syam lalu mengutus mereka ke negeri Mesir, sehingga berubahlah negeri mesir dari aqidah Syiah Bathiniyyah menuju kepada Aqidah Ahlusunnah yang terang dalam hal dalil, amalan dan keyakinan.
(silahkan lihat kitab Al Kamil Oleh Ibnu Atsir)
catatan :
copas dari kurnianto raharjo, dengan judul :
Wahhabi Yang Asli Tulen, Sesat Menyesatkan INILAH WAHHABI SESUNGGUHNYA…!!
oleh Kurnianto Raharjo pada 24 Agustus 2011 pukul 9:05.
Wawan Jokamer's
KENAPA 5 BAB BID'AH
Al-Imam asy-Syathibi t menyebutkan pembagian bid’ah ini menjadi dua, yaitu bid’ah haqiqiyyah dan bid’ah idhafiyyah.
1. Bid’ah haqiqiyyah adalah bid’ah yang tidak ada dalil syariat yang menunjukkannya sama sekali, secara global maupun terperinci, tidak dari Al-Qur’an, As-Sunnah, ataupun Ijma’ (kesepakatan ulama).
2. Bid’ah idhafiyyah adalah bid’ah yang mengandung dua keadaan. ...Salah satunya, dalam hal amalan itu termasuk yang disyariatkan, akan tetapi si pembuat bid’ah MEMBUAT CARA ATAU METODE ATAU APAPUN NAMANYA YANG TIDAK ADA CONTOH SEBELUMNYA DARI RASULULLAH shalallahu ‘alaihi wasallam DAN PARA SAHABATNYA
CONTOH ; KEWAJIBAN MENETAPI 5 BAB
Pada asalnya ngaji,ngamal..... adalah sesuatu yang disyari'atkan akan tetapi dengan bentuk atau cara yang seperti kewajiban menetapi 5 bab ini tidak pernah sama sekali dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, maka ini dikatakan bid’ah.
Tidak ada satu riwayat pun yang menyebutkan bahwa para al-Khulafa ar-Rasyidin, sahabat Rasulullah yang lain, ataupun ulama-ulama Ahlus Sunnah yang menjadi panutan, mengamalkan KEWAJIBAN 5 BAB INI
Maka apa pun yang ketika itu (di zaman Rasulullah n dan para sahabatnya) bukanlah sebagai ajaran Islam, maka pada hari ini juga bukan sebagai ajaran Islam.”
AFALA TA'QILUN SAUDARAKU ?
Wawan Jokamer's
RENUNGAN JOKAMER'S HARI INI
IKHTILATH
1 Pengertian Ikhtilath
...
Ikhtilath menurut bahasa adalah bercampurnya sesuatu dengan sesuatu. (Lihat Lisanul ‘Arab 9/161-162).
Adapun menurut istilah adalah bercampur baur antara laki-laki dan perempuan yang tidak ada hubungan mahram pada suatu tempat. (Lihat Al-Mufashal fii Ahkaamil Mar’ah: 3/421).
2 Hukum Ikhtilath
Ikhtilath hukumnya adalah haram secara mutlak, adapun dalil-dalilnya adalah:
- Firman Allah Azza wa Jalla- dalam Surat Al-Ahzab: 53 :
Allah Azza wa Jalla- berfirman: “Dan apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari balik tabir. Cara demikian itu lebih baik bagi hatimu dan hati mereka.” (Al-Ahzab: 53).Lihat Selengkapnya
sedikit kisahku...(atau banyak?)
sy dan saudara2 sy jd jokam dr lahir.bpk sy(almarhum) termasuk awwalul mukminin di mkasar dan sempat bbrp kali dipenjara kr memperjuangkan jokam.mungkin itu salah satu penyebab keluarga kami dikenal,disegani dan dihormati oleh jokam.wallohu a'lam
sy 7 bersaudara(diantarany yg dikenal di fb adalah abu zidan dan diana rusdiana). 6 diantara kami termasuk sy adalah mubaleg mubalighot lulusan kediri.hampir semua dikeluarga kami adalah pengurus.wakil imda, mubaleg daerah, penerobos, KU, dll.begitupun di organisasi rata2 punya dapu'an.
selama di jokam,meyakini dan mengajarkan bahwa hany jokam yg masuk surga lainnya neraka.makanya,ga boleh solat dibelakang non jokam, nikah hrs sesama jokam, harus nikah dalam sebelum nikah di KUA, ilmu diluar jokam ga sah dan ga diterima kr ga mangkul, hanya jokam yg halal hidupnya kr punya imam yg dibaiat, dan praktek2 ibadah yg lain yg sangat sy yakini kebenarannya selama dijokam.merasa yakin bahwa sy sdh dapat tiket ke surga tinggal menjaganya jgn sampai lepas.
sy dan suami pindah kejakarta tahun 2007 akhir.mulai merasa ada yg salah ketika tahun 2010 ada kejadian yg menghebohkan terjadi dimakasar yaitu masalah yg terjadi pd abu zidan(smoga beliau jg mau menceritakan sendiri apa yg terjadi pada dirinya).sy sempat sedih kr banyak hal terjadi pd keluarga dimakasar tp sy ga ada disana utk berbagi.jd komunikasi hanya lewat telpon utk tau apa yg telah dan sedang terjadi.dari situlah sy mulai berpikir dan berpikir.jika ini(jokam) benar, knp harus begini dan begini, kenapa begitu dan setumpuk pertanyaan lainnya.
akhirnya sy memberanikan diri utk browsing di internet(selama ini sy taat imam bahwa tdk boleh buka2/baca2 di internet).akhirnya sy dapat blog www.rumahku-indah.blogspot.com, www.354hijrah.blogspot.com, tuntutlah-ilmu.blogspot.com dan blog2 lainnya yg dibuat oleh mantan jokam.berminggu2 sy pelajari semuanya termasuk membuka web2 salaf.yg terjadi selama masa2 itu adalah shock,pusing, nangis, ga bisa makan ga bisa tidur.bbrp pertanyaan dihati sy adalah...kenapa semua bertentangan dengan keyakinan sy selama ini?tiket apa yg sy jaga selama ini? ilmu dan agama apa sebenarnya yg sy yakini selama ini?benarkah sy mmg sesuai quran sunnah?knp begitu byk ilmu agama yg sy tdk pernah ketahui selama dijokam?sedangkan sy meyakini bahwa jokamlah satu2nya yg quran hadits..jokamlah yg ngerti agama..
akhirnya sy beranikan diri mendatangi taklim salaf walaupun msh tetap sambung jg.masa2 ini adalah masa2 sy belajar keras,mencaritau dan tak lupa berdoa pd alloh minta ditunjukkan kebenaran.dan ternyata...semakin sy belajar semakin kelihatan salah dan batilnya jokam.
alhamdulillah setelah musyawarah ber2 dgn suami, awal 2011 kami memutuskan utk keluar dr jokam dan tdk lama kemudian,saudara2 sy juga menyusul keluar dr jokam.
kr tdk tinggal dikomplek jokam,alhamdulillah sy ga mendapat tekanan atau hal2 yg biasa terjadi pd teman2 mantan yg lain.cuma teman2 sy yg selama ini dekat akhirnya pd menjauh dan tdk mau menerima tlp.
inilah sedikit kisah sy...saran buat jokam2:mulailah mencaritau dgn menghilangkan kesombongan yg secara tdk sadar ada dihati kita.karena...yg namanya kebenaran, akan terlihat dimanapun dan sampai kapanpun.jika jokam mmg benar,maka buktikanlah kebenaran itu!!!
sy dan saudara2 sy jd jokam dr lahir.bpk sy(almarhum) termasuk awwalul mukminin di mkasar dan sempat bbrp kali dipenjara kr memperjuangkan jokam.mungkin itu salah satu penyebab keluarga kami dikenal,disegani dan dihormati oleh jokam.wallohu a'lam
sy 7 bersaudara(diantarany yg dikenal di fb adalah abu zidan dan diana rusdiana). 6 diantara kami termasuk sy adalah mubaleg mubalighot lulusan kediri.hampir semua dikeluarga kami adalah pengurus.wakil imda, mubaleg daerah, penerobos, KU, dll.begitupun di organisasi rata2 punya dapu'an.
selama di jokam,meyakini dan mengajarkan bahwa hany jokam yg masuk surga lainnya neraka.makanya,ga boleh solat dibelakang non jokam, nikah hrs sesama jokam, harus nikah dalam sebelum nikah di KUA, ilmu diluar jokam ga sah dan ga diterima kr ga mangkul, hanya jokam yg halal hidupnya kr punya imam yg dibaiat, dan praktek2 ibadah yg lain yg sangat sy yakini kebenarannya selama dijokam.merasa yakin bahwa sy sdh dapat tiket ke surga tinggal menjaganya jgn sampai lepas.
sy dan suami pindah kejakarta tahun 2007 akhir.mulai merasa ada yg salah ketika tahun 2010 ada kejadian yg menghebohkan terjadi dimakasar yaitu masalah yg terjadi pd abu zidan(smoga beliau jg mau menceritakan sendiri apa yg terjadi pada dirinya).sy sempat sedih kr banyak hal terjadi pd keluarga dimakasar tp sy ga ada disana utk berbagi.jd komunikasi hanya lewat telpon utk tau apa yg telah dan sedang terjadi.dari situlah sy mulai berpikir dan berpikir.jika ini(jokam) benar, knp harus begini dan begini, kenapa begitu dan setumpuk pertanyaan lainnya.
akhirnya sy memberanikan diri utk browsing di internet(selama ini sy taat imam bahwa tdk boleh buka2/baca2 di internet).akhirnya sy dapat blog www.rumahku-indah.blogspot.com, www.354hijrah.blogspot.com, tuntutlah-ilmu.blogspot.com dan blog2 lainnya yg dibuat oleh mantan jokam.berminggu2 sy pelajari semuanya termasuk membuka web2 salaf.yg terjadi selama masa2 itu adalah shock,pusing, nangis, ga bisa makan ga bisa tidur.bbrp pertanyaan dihati sy adalah...kenapa semua bertentangan dengan keyakinan sy selama ini?tiket apa yg sy jaga selama ini? ilmu dan agama apa sebenarnya yg sy yakini selama ini?benarkah sy mmg sesuai quran sunnah?knp begitu byk ilmu agama yg sy tdk pernah ketahui selama dijokam?sedangkan sy meyakini bahwa jokamlah satu2nya yg quran hadits..jokamlah yg ngerti agama..
akhirnya sy beranikan diri mendatangi taklim salaf walaupun msh tetap sambung jg.masa2 ini adalah masa2 sy belajar keras,mencaritau dan tak lupa berdoa pd alloh minta ditunjukkan kebenaran.dan ternyata...semakin sy belajar semakin kelihatan salah dan batilnya jokam.
alhamdulillah setelah musyawarah ber2 dgn suami, awal 2011 kami memutuskan utk keluar dr jokam dan tdk lama kemudian,saudara2 sy juga menyusul keluar dr jokam.
kr tdk tinggal dikomplek jokam,alhamdulillah sy ga mendapat tekanan atau hal2 yg biasa terjadi pd teman2 mantan yg lain.cuma teman2 sy yg selama ini dekat akhirnya pd menjauh dan tdk mau menerima tlp.
inilah sedikit kisah sy...saran buat jokam2:mulailah mencaritau dgn menghilangkan kesombongan yg secara tdk sadar ada dihati kita.karena...yg namanya kebenaran, akan terlihat dimanapun dan sampai kapanpun.jika jokam mmg benar,maka buktikanlah kebenaran itu!!!
rumahku-indah.blogspot.com
Hidayah dari Alloh itu datangnya kapan saja, dgn sebab musabab sering diluar prediksi manusia..Yg tadinya dari keluarga besar IJ bahkan ada yg jadi ulamanya IJ, dan fanatiknya pada IJ luar biasa dibuktikan dgn membela mati2an dgn harta da...n jiwa raganya demi IJ karena saat itu meyakini akan kebenaranya IJ, tetapi Alloh dgn kekuasaanya memberikan cahaya kebesaranya utk umatnya yg disayanginya, yaitu diberikan petunjuk jalan kebenaran yg sesungguhnya yaitu keluar dari faham QH IJ Versi pemahaman Pak NH menuju faham QH sesuai pemahaman Shalafus Shalih...
Abu Zidan
Re-post dengan sedikit editan:
Kebanyakan para pengaku-pengaku menetapi "JAMAAH" itu adalah justru "FIRQOH" atau "HIZBIY" yang tercela, andai saja mereka mau belajar dengan benar pada guru yang benar, hmm ......... NISCAYA....
10 Ciri-ciri Firqoh/ Hizbiy;
...
1. Tidak mengakui pemerintah yang sah sebagai imam/ pemimpin/ penguasa
2. Membentuk imam/ pemimpin/ penguasa di dalam kekuasaan imam/ pemimpin/ penguasa yang sah (memisahkan antara perkara dunia dengan agama seperti kepemimpinan Paus Paulus)
3. Imam/ pemimpin/ penguasa yang dibentuknya itu hanya untuk intern kelompoknya saja, dan kebanyakan dirahasiakan/ sembunyi-sembunyi karena takut pada penguasa/ pemerintah yang sah
4. Membangun persaudaraan hanya pada sesama anggotanya saja dan membangun permusuhan terhadap semua orang Islam di luar kelompoknya (wala dan baro)
5. Menghukumi Kafir kepada orang Islam di luar kelompoknya (ini paham khowarij)
6. Menghukumi murtad kepada orang Islam yang keluar dari kelompoknya, menghina, mencaci, menfitnah, mengancam, bahkan berani sampai membunuhnya.
7. Lebih mentaati aturan/ perintah imam/ pemimpin/ penguasa nya (walaupun bertentangan dengan perintah Alloh dan Rosul) melebihi ketaatannya terhadap perintah Alloh dan Rosul. (Ini bentuk kesyirikan yang umumnya tidak mereka ketahui). Memiliki aturan sendiri sesuai keinginan pimpinannya yang tidak mungkin bisa diterapkan/ berlaku pada firqoh yang lain.
8. Dakwahnya bukan dakwah TAUHID, melainkan dakwah organisasi, partai, yayasan, atau khilafah
9. Dakwahnya berjenjang-jenjang atau ber-standar ganda, ada metode dakwah ke luar dan ada metode dakwah ke dalam. Ini sifat-sifat kemunafiqan, lain di dalam lain di luar, lain di mulut lain di hati.
10. Sangat sulit menerima kebenaran dari orang Islam di luar golongannya, dll.
Semoga kita bisa terhindar dari firqoh/ Hizbiy yang menyesatkan, karena Ibadah ini Hanya untuk Alloh bukan untuk nabi, bukan untuk seseorang yang dikultuskan, firqoh, Hizbiy, 'ashobiyyah, yayasan, organisasi, partai dan sejenisnya. Dakwah ini hanya untuk Alloh!
Hanya kepada Alloh kita mohon pertolongan, perlindungan, taufiq, dan hidayah!
Abu Zidan
PERBEDAAN ANTARA NASIHAT DAN KECAMAN
Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah, beliau berkata :
"Perbedaan antara nasehat dan kecaman adalah bahwa nasehat itu merupakan perbuatan baik kepada orang yang engkau nasehati dalam bentuk kasih sayang, rasa kasihan, cinta dan cemburu. Maka nasehat itu semata-mata perbuatan baik didasari kasih sayang dan kelembutan dan dimaksudkan hanya mencari ridha ......Allah subhanahu wa ta'ala dan wajah-Nya, dan berbuat kebaikan kepada makhluk-Nya.
...
Maka dia bersikap lemah-lembut semaksimal mungkin dalam menjalankan nasehat tersebut dan sabar dalam menerima gangguan dan celaan dari orang-orang yang dinasehatinya dan mensikapinya seperti sikap seorang dokter yang ahli, penuh rasa kasih sayang kepada pasiennya yang menderita sakit komplikasi dan dalam keadaan setengah sadar, dia sabar menghadapi kekurangajaran pasiennya dan tindak-tanduknya yang tidak tahu aturan itu, dokter tersebut tetap bersikap lemah-lembut dan merayunya dengan berbagai cara dalam usahanya untuk meminumkan obat kepadanya. Begitulah sikap seorang pemberi nasehat.
Sedangkan pengecam ialah seorang yang bermaksud mempermalukan, menghinakan, dan mencela orang yang dikecam dan dicacinya, akan tetapi dengan bungkusan berupa nasehat, maka dia mengatakan, "Wahai pelaku ini dan itu! Wahai orang yang pantas dicela dan dihina!" Seolah-olah dia seorang pemberi nasehat dengan penuh kasih sayang, dan cirinya adalah apabila dia melihat orang yang dicintainya dan telah memberikan jasa baik kepadanya berbuat kesalahan yang sama atau bahkan lebih buruk lagi, dia hanya diam seribu bahasa sambil mencari-cari alasan untuk membela dia dengan mengatakan, "Manusia tidak ada yang ma'shum karena manusia tempatnya salah dan khilaf atau "kebaikannya lebih banyak daripada keburukannya" atau "Allah subhana wa ta'ala Maha Pengampun dan Maha Penyayang", dan yang semisalnya.
Sungguh aneh mengapa sampai berbeda sikapnya terhadap dua orang tadi, yang satu dia mencintainya dan yang lain dia membencinya dan mengapa yang satu mendapatkan bagian darimu, berupa kecaman yang dibungkus dengan bentuk nasehat dan yang satu mendapatkan bagian darimu berupa harapan, maaf, ampunan, serta mencari-cari pembelaan.
Dan masih termasuk perbedaan antara penasehat dan pengecam bahwasanya penasehat itu tidak memusuhimu apabila engkau tidak menerima nasehatnya, ia mengatakan, "Kewajiban saya hanya menyampaikan, dan saya mengharap pahala dari Allah, baik engkau terima ataupun engkau tolak nasehat ini." Dan dia berdo'a kepada Allah memohonkan kebaikan untukmu di saat engkau tidak ada disisinya, dan segala kekuranganmu ditutupinya, tidak diberitahukannya kepada orang dan tidak disebarkannya kepada khalayak ramai, sedangkan pengecam berbuat sebaliknya."
Ar Ruuh oleh Imam Ibnul Qayyim rahimahullah hal 381 - 382
=======================================
Baarokalohu lakum, Semoga Nasehat ini bermanfaat bagi kita semua, bagi yang menghendaki kebaikan, mencari kebenaran!
Abu Zidan
Syaikh Muhammad Shalih Utsaimin rahimahullahu mengatakan;
لأن الغالب أن من تسرع بوصف المسلم بالكفر كان معجبًا بعمله محتقرًا لغيره فيكون جامعًا بين الإعجاب بعمله الذي قد يؤدي إلى حبوطه ، وبين الكبر الموجب لعذاب الله تعالى - في النار كما جاء في الحديث الذي أخرجه أحمد وأبو داود عن أبي هريرة -رضي الله عنه - « أن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قال :"قال الله عز وجل:الكبرياء ردائي ، والعظمة ...إزاري ، فمن نازعني واحدًا منهما قذفته في النار »
“Karena umumnya orang yang tergesa-gesa dalam memvonis seorang muslim dengan kekafiran biasanya terjangkit penyakit ujub terhadap amalnya dan meremehkan amal orang lain. Kemudian ia menggabungkan antara ujub terhadap amalnya yang bisa menghanguskan amalnya itu sendiri dan sombong yang mengundang adzab Allah Ta’ala di neraka, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Dawud dari Abu Hurairoh radhiyallahu’anhu bahwa Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda, Allah Azza wa Jalla berfirman, “Kesombongan adalah selendang-Ku dan keagungan adalah kain-Ku. Barangsiapa menandingi-Ku dengan salah satu dari kedunya, maka Aku lemparkan dia ke neraka”. (Majmuu Al-Fatawa Syaikh Utsaimin (2/134 – Fahd Sulaiman))
Kita berlindung dari sifat 'ujub dan amal yang buruk, dansemoga Alloh menetapkan kita dalam kebenaran dan keikhlasan serta istiqomah dalam mengamalka kebenaran.
Abu Zidan
Abu Zidan
Abdullah Majid
ALASAN LAIN LAGI!!!
Berpuluh2 tahun mengaji dengan tertib,. saya tidak pernah memahami makna AL JAMAAH. Hingga akhirnya saya mendapatkan makna AL JAMAAH yang jelas bukan dari muballigh jokam.
Saya tanyakan kepada sang Muballigh Daerah, tentang makna AL JAMAAH yang selama ini di fahami jokam yaitu RUKUN, KOMPAK, SAMBUNG. Komentarnya adalah,... "Yang memang seperti itu sepengetahuan saya"
...
Sungguh begitu jauh dari makna AL JAMAAH yang di maksudkan oleh Nabi Muhammad Shollallohu 'Alaihi Wasallam yaitu ... ORANG2 YANG MELAKSANAKAN/MENETAPI SEPERTI APA YANG AKU DAN PARA SAHABATKU MENETAPINYA.
itu adalah salah satu makna AL JAMAAH.
SILAHKAN BACA LEBIH LANJUT DI......http://rumahku-indah.blogspot.com/2010/09/mengulang-kembali.html
Dedy Fitrianto
Inilah psikologi sebagian besar warga IJ, karena latar belakang agama umum, tahu dalil agama lewat jalur IJ, kemudian ditambah dogma jamaah dan baiat maka semakin kuatlah keyakinan dan berpegang pada IJ. Tapi ibaratkan masuk rumah
tanpa pernah reserve dan kritik serta otokritik ( padahal di masa para imam
kritik dan nasehat itu biasa dan perlu. Para imam hadis itu nasai, abu dawud, tirmidzi, bukhari dll. saling mengkoreksi adanya hadis lemah dan palsu adalah suatu hal yg biasa. ujungnya adalah ekskulisif dan paling merasa yang pertama dan utama.
Saya rasa fenomena ini umum banyak dialami sebahagian besar warga IJ.
... Pointnya adalah: orang dengan latar belakang umum, tahu dalil agama dari IJ, dikala doktrin jamaah, mati jahiliyah dan kafir tanpa baiat. Apakah perlu reserve dan koreksi dari luar, apakah sudah benar, mutlak tidak salah ?. Menganggap orang yang sholat dan tidak musyrik namun tidak masuk jamaah yang pertama di Indonesia, islamnya tidak benar bahkan dicap keluar dari keislaman/kafir??? POINT besarnya adalah: apakah saya dalam hidayah dan kebenaran dengan kondisi saya seperti ini
????. Padahal sampai saat ini kelompok IJ tidak ada yg bisa membuktikan ulama2 Masyaikh yg konon sebagai sumber Ilmu IJ membenarkan pemahaman IJ. Dengan demikian apakah Ilmu manqul, musnad dan muthasil benar2 dilakukan dikelompok IJ???.
Saya rasa metode penyampaian per lafaz kemudian mengartikan oleh para ustadz
itu bagus, kemudian dijelaskan oleh ustadnya itu bagus. Tapi metode seperti ini
juga umum dipakai puluhan tahun oleh pondok lain juga looh.. Mereka mengenal dengan metode sorogan....
Aryasatya Galipat Syandana
banyak bukti dalam jm yang mengarah kepada kembaran jm yakni ropidoggy,malah sekarang mengunggul-unggulkan ahmadinejad.
jika iran adalah kepanjangan tangan yahudi di timur tengah maka jm adalah kepanjangan tangan yahudi di bumi pertiwi ini.
2 buki telah di ungkap Cahaya Salafy dan bukti2 lain adalah jm sangat mengkultuskan abah dan keluarganya yang seolah maksum tanpa dosa sebagaimana orang2 ropidoggy mengkultuskan imam2 mereka padahal kita sama tahu bahwa ada keponakan abah yang kena narkoba,bisnis mariyoso yang termasuk penipuan kelas paus.
jm hanya mau menerima riwayat dari jm saja bukan muslim lain yang gak beat ke bpk amir seperti ropidoggy yang hny mau nrima riwayat rowi2 mereka.
jm mengkafirkan muslim yang kagak beat ke bpk amir sama kayak ropidoggy yang mengkafirkan muslim di luar ...mereka.
jm kagak segan nyolong,nipu,ngibulin muslim dan fbbl di anggap ibadah sebuah bentuk taqorub yang berganjaran sama seperti ropidoggy yang menjadikan taqiyyah sebagai keyakinan.
awal dakwah jm dan ropidoggy sama yakni mengedepankan masalah imaroh bukan tauhid ini SANGAT JAUH dari dakwah para NAbi dan Rosul dan salafuna sholeh yang prioritas dakwah mereka adalah TAWHID{Dari Ibn ‘Umar bahwasanya Rasulullah bersabda, “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tiada Tuhan –Yang haq disembah- selain Allah, bahwa Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat dan membayar zakat. Jika mereka melakukan hal itu, maka niscaya mereka telah menjaga darah dan harta mereka dariku (dari pengikutku alias mendapat penjagaan dan perlindungan) kecuali berdasarkan hak Islam sedangkan perhitungan atas mereka adalah hak Allah.” (HR.al-Bukhari dan Muslim)}
renungkan saudaraku,jangan terus-terusan terjebak dalam kepalsuan,jm jamaah palsu,imam pengecut yang berlindung di bawah ketiak kita selama ini,memerah hasil jerih payah kita,janganterbuai janji manis mulut berbisa yang mengajak ke surga dajjal neraka Alloh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Dia Palembang
Nurhasan Ubaidah Lubis
| |
Dedy Fitrianto
Aryasatya Galipat Syandana
Namun yang perlu diperhatikan dan menjadi catatan penting di sini apakah perkara tersebut menjadi tujuan yang utama, sebagaimana dinyatakan: “Tujuan agama yang hakiki adalah menegakkan undang-undang kepemimpinan yang baik lagi terbimbing”?
Syaikhul Islam ahmad bin abdul halim rahimahullah menyatakan: “Orang yang berkata bahwa masalah imamah adalah tujuan yang paling penting dan utama dalam hukum-hukum agama dan masalah kaum muslimin yang paling mulia, maka dia itu berdusta menurut kesepakatan kaum muslimin baik yang sunni ataupun yang syi’I (pengikut agama Syi’ah, red). Bahkan ini termasuk kekufuran, karena iman kepada Allah dan Rasul-Nya lebih penting dan utama daripada masalah imamah.... Hal ini adalah perkara yang dimaklumi secara pasti dari agama Islam. Dan seorang kafir tidaklah menjadi mukmin sampai ia bersaksi: Laa ilaaha illallah wa anna Muhammadan rasulullah (bukan karena imamah, dan tentunya hal ini menunjukkan pentingnya permasalahan iman, pen). Inilah alasan utama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam memerangi orang-orang kafir. Beliau Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوْا أَنْ لاَّ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنِّي رَسُوْلُ اللهِ وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوْا الزَّكَاةَ، فَإِذَا فَعَلُوْا ذَلِكَ عَصَمُوْا مِنِّي دِمَاءَهُمْ وَ أَمْوَالَهُمْ إِلاَّ بِحَقِّهَا
“Aku diperintah untuk memerangi manusia sampai mereka bersaksi bahwa tidak ada ilah kecuali Allah dan aku adalah Rasulullah, kemudian mereka menegakkan shalat dan membayar zakat. Maka bila mereka melakukan hal itu terjagalah dariku darah dan harta mereka kecuali dengan haknya.”
Beliau rahimahullah juga menyatakan: “Perlu dimaklumi bagi kita semua, apabila didapatkan masalah kaum muslimin yang paling mulia dan tujuan yang paling penting dalam agama ini, tentunya akan disebutkan dalam Kitabullah lebih banyak daripada perkara selainnya. Dan demikian pula keterangan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam tentang perkara tersebut, tentunya akan lebih utama dan lebih banyak daripada keterangan beliau terhadap perkara lainnya. Sementara kita lihat Al Qur`an penuh dengan penyebutan tauhidullah, nama-nama-Nya dan sifat-sifat-Nya, ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan)-Nya, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, kisah-kisah, perintah dan larangan, hukum had dan kewajiban-kewajiban. Tidak demikian halnya dengan masalah imamah. (Maka kalau dikatakan bahwa masalah imamah itu lebih utama/penting dan lebih mulia daripada yang lainnya, pen) lalu bagaimana bisa Al Qur`an itu dipenuhi dengan selain perkara yang lebih penting/utama dan lebih mulia?!” (Minhajul Anbiya`, 1/21)
bisa antumma bandingkan kesamaan jokam dan syiah yang sama" menjadikan imaroh sebagai asa dakwah dan syarat keimanan seseorang.
sungguh mereka telah menyelisihi Allah dan RosulNya!!!!!!!!!!
“Pak abu, sy jamaah x titip uang sebesar sekian. Amal sholih dibelikan beras 1 sok untuk zakat, jazaakallohu khoiro (di kelompok ana sdh tdk pake lafat “Alhamdulillah””. Kata-kata itulah yg sering diucapkan kpd ana menjelang hari raya Idul Fitri beberapa tahun yg lalu ketika ana diberi dapukan untuk mengurusi j...amaah satu masjid (waktu itu ana msh menjadi warga LD11/jokam/354/islam jamaah). Dalam hati ana, “kenapa bpk jauh2 datang ke tempat ana hny untuk membayar zakat? Kan msh bnyk masjid di luar (selain masjid LD11/jokam/354/islam jamaah) atau di sekitar rumah bapak”. LD11/jokam/354/islam jamaah MEMANG mempunyai kefahaman bahwa orang Islam di luar LD11/jokam/354/islam jamaah adalah orang KAFIR, sehingga:
1. Tidak sah mengeluarkan zakat kepada selain LD11/jokam/354/islam jamaah ,
2. Tidak sah solat berjamaah (menjadi makmum) dengan org selain LD11/jokam/354/islam jamaah,
3. Tidak sah menikah dengan orang selain LD11/jokam/354/islam jamaah,
4. Tidak menjawab salam dari orang selain LD11/jokam/354/islam jamaah (klo salam/menjawab salam hanya kamuflase sj),
5. Dan masih banyak lagi.
Sebagai akibat dari kefahaman ini (TAKFIR/MENGKAFIRKAN ORANG ISLAM DI LUAR GOLONGANNYA) adalah:
1. orang tua rela kehilangan anaknya (mengusir anaknya dan tidak dianggap lgg sbg anak) yg sdh keluar dr LD11/jokam/354/islam jamaah (buktinya ada loh, blm lama ini kok kejadiannya),
2. mertua memperintahkan anaknya untuk bercerai dr suami/istriya krn suami/istrinya tersebut sdh keluar dari LD11/jokam/354/islam jamaah,
3. putus hak waris,
4. dan masih banyak lagi.
Ana menghimbau kepada warga LD11/jokam/354/islam jamaah untuk memperdalam ilmu antum sekalian dan merujuk kepada ulama2 salaf seperti gurunya pak kholil pak aziz serta jangan ragu untuk keluar dari LD11/jokam/354/islam jamaah karena keraguan akan membawa antum sekalian semakin “terperosok”. Ingatlah bahwa rejeki itu dari Alloh, bukan dari “uang sabilillah” hasil IR (infak rejeki) yg didapat dgn cara bathil (bagaimana hukumnya uang yg didapat dgn cara yg bathil? Jawab: HAROM). Dan juga ana menghimbau kepada kaum muslimin untuk berhati2 dengan ormas/aliran islam yang mempunyai kefahaman TAKFIRI/MENGKAFIRKAN ORANG ISLAM DI LUAR GOLONGANNYA.
Wawan Jokamer's
JOKAMER'S BERKATA ;
Imam kami yang di bai'at pertama kali
KAMI JAWAB;
“Kami tidak yakin kelompok anda dibai’at pertama kali”. Kami menanyakan bukti yang jelas, sebagaimana Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda :
...
البينة على المدعي واليمين على المدعى عليه
“(Harus ada) bukti bagi yang mendakwa dan sumpah bagi yang didakwa”. (Diriwayatkan oleh Tirmidzi no. 1341).
Sampai kiamat kalian tidak akan bisa membuktikan ! karena cerita itu cuma pembenaran untuk menipu kalaian ,tanpa contoh dari nabi dan para sahabatnya,kalau ada contoh datangkan bukti !!!!!
Jika buktinya hanya perkataan-perkataan teman-teman anda sendiri, maka yang demikian bukan bukti. Sebagaimana Allah Ta’ala memberikan bukti kepada manusia tatkala diutus oleh-Nya seorang Rasul, yaitu dengan mukjizat-mukjizat yang bisa dilihat dan diketahui baik oleh orang iman ataupun orang kafir.
Sebagian orang Islam yang berkata : “Imam anda tidak dibai’at oleh tokoh-tokoh masyarakat atau tidak oleh musyawaroh kaum muslimin”, ada hujjahnya, yaitu ketika Abu Bakar radhiyallahu’anhu yang dibai’at pertama kali oleh Umar radhiyallahu’anhu sedangkan Umar adalah tokoh kaum muslimin waktu itu, pembai’atan itupun dilakukan dalam suatu forum musyawaroh para sahabat, sehingga diikutilah bai’at itu oleh peserta musyawaroh yang lainnya dari kalangan Muhajirin dan Anshor. Jadi pada peristiwa pembai’atan Abu Bakar ini ada setidaknya dua kaidah yang merupakan syarat sahnya seorang imam:
· Dibai’at oleh tokoh-tokoh masyarakat
· Atau berdasarkan ijma musyawarah kaum muslimin (perwakilannya)
Itulah makna perkataan Umar ibn Khattab radhiyallahu’anhu:
فمن بايع أميرا عن غير مشورة المسلمين فلا بيعة له
“Barangsiapa membai’at seorang amir tanpa musyawarah dengan kaum muslimin terlebih dahulu, maka tidak ada bai’at baginya”. (Bukhari no. 6329).
SEKARANG SILAKAN ANDA BERPIKIR, MENCONTOH SIAPA KEIMAMAN JOKAMER'S ?
Zulfikar Sandala
Subhanallah.. terimakasih atas postingan mas Zulfikar Sandala ..
Inilah salah satu kisah dari sekian banyak kisah perjalanan hidup para mantan jokam yg layak disimak dan diambil hikmahnya. Mohon teman2 jokam mensikapinya dg objektif, adil d...an tidak dg rasa kebencian.
Yg ingin bertanya silahkan saja bertanya kepada mas Zulfikar Sandala, ingin mengkritik silahkan saja dilakukan dg tanpa rasa kebencian apalagi dg kata2 kotor atau dg segala macam bahasa kebun binatang...
Untuk mas Rofic Chyun, harap jangan diulangi lagi bahasa kebun binatangnya... Admin mendelate koment anda.
Inilah salah satu kisah dari sekian banyak kisah perjalanan hidup para mantan jokam yg layak disimak dan diambil hikmahnya. Mohon teman2 jokam mensikapinya dg objektif, adil d...an tidak dg rasa kebencian.
Yg ingin bertanya silahkan saja bertanya kepada mas Zulfikar Sandala, ingin mengkritik silahkan saja dilakukan dg tanpa rasa kebencian apalagi dg kata2 kotor atau dg segala macam bahasa kebun binatang...
Untuk mas Rofic Chyun, harap jangan diulangi lagi bahasa kebun binatangnya... Admin mendelate koment anda.
Tidak Suka
Abu Zahra subhanallah ....akhi Zulfikar Sandala cerita yang mengharukan poin2nya hampir mirip apa yang ana alami.... Wong Cilik Wong Ndeso....tabayun ke Pak Aziz dan pak Kholil ? kamu sudah denger belum rekaman klarifikasi pak Aziz waktu masih di mekah saat di konfrontir pak abduraahim dengan ust Dzulqurnain dengerin dulu dengan hati yang ikhlas perhatian yang penuh dan akalnya di pakai pasti kamu akan tau jawabanya..,.
“Barangsiapa membai’at seorang amir tanpa musyawarah dengan kaum muslimin terlebih dahulu, maka tidak ada bai’at baginya”. (Bukhari no. 6329). tapi kok setelah dilihat hadist 6329 isinya berbeda?
BalasHapus